Zona Merah Covid-19 Indonesia Naik Jadi 11 Daerah

Zona Merah Covid-19 Indonesia Naik Jadi 11 Daerah – Zona merah Covid-19 di Indonesia minggu ini masih meningkat meski tidak signifikan. Menurut data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 11 April, terdapat 11 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk kategori zona merah Covid-19. Jumlah tersebut menjadikan sebanyak 2,14 persen daerah berstatus zona merah.

Zona merah adalah sebutan untuk wilayah dengan tingkat penularan virus corona tinggi. Tidak seperti minggu lalu, minggu ini tidak ada kabupaten/kota yang berstatus zona merah di Pulau Jawa. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah zona merah tersebut harus ditindak anjuti dengan pengendalian Covid-19.

“Perkembangan ini harus ditindaklanjuti dengan konsistensi dan pengendalian Covid-19 yang baik dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Maupun penyusunan kebijakan antisipatif, maupun perubahan perilaku di daerah,” kata Wiku.

Selain itu, Wiku juga mengatakan jumlah kabupaten/kota yang masuk kategori zona oranye mengalami kenaikan dari 289 menjadi 316 kabupaten/kota. Indonesia didominasi oleh zona oranye, yaitu sebanyak 61.48 persen. Sementara, zona kuning turun dari 207 menjadi 178 kabupaten/kota. Zona kuning di Indonesia sebanyak 34.63 persen. Lalu, zona hijau mengalami kenaikan dari 7 menjadi kasus 8 kabupaten/kota.

Artinya sebanyak 1,75 persen daerah di Indonesia berstatus zona hijau. Zona merah terbanyak di Bali Zona oranye adalah wilayah dengan tingkat penularan Covid-19 sedang. Sementara itu, zona kuning adalah wilayah dengan tingkat penularan rendah. Zona hijau artinya di wilayah tersebut tidak ada kasus baru atau tidak terdampak.

Zona merah terbanyak berada di provinsi Bali dengan 5 kabupaten/kota. Pulau Jawa didominasi dengan zona oranye. Terdapat beberapa daerah berstatus zona kuning, tapi tidak ada yang berstatus zona hijau di Pulau Jawa.

Berikut ini daftar 11 zona merah dilansir dari Peta Risiko:

1. Sumatera Utara Deli Serdang Kota Medan
2. Sumatera Selatan Kota Palembang
3. Kalimantan Tengah Kota Palangkaraya
4. Kalimantan Selatan Tanah Laut Tanah Bumbu
5. Bali Badung Gianyar Buleleng Kota Denpasar Tabanan

Pekan lalu, terdapat satu zona merah di Pulau Jawa, yakni Tangerang Selatan, Banten. Namun pekan ini Tangerang Selatan sudah menjadi zona oranye. Adapun yang menjadi zona merah sejak pekan lalu adalah: Badung (Bali) Gianyar (Bali) Buleleng (Bali) Tanah Laut (Kalimantan Selatan) Kota Palangkaraya (Kalimantan Tengah).

Sebagai catatan, Peta Zonasi Risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Adapun indikator yang digunakan antara lain indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *