Inilah Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Terjadinya Gempa Bumi, Jangan Panik!!

Inilah Hal-hal Yang Harus Dilakukan Saat Terjadinya Gempa Bumi, Jangan Panik!! – Sebagai negara yang sering mengalami gempa bumi, masyarakat Indonesia diharapkan untuk memahami pentingnya mitigasi bencana dan apa yang harus kita lakukan saat terjadinya gempa bumi seperti yang baru baru ini terjadi. Diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14:05 WIB.

Titik episentrum gempa diketahui berada di laut dengan jarak 96 kilometer selatan Kota Kepanjen, Malang, pada kedalaman 80 kilometer. Selain di selatan Jawa Timur, gempa itu juga dirasakan di Solo, Yogyakarta, Wonogiri, dan sekitarnya. Hingga Minggu (11/4/2021), tercatat 8 orang meninggal dunia, 3 orang mengalami luka sedang hingga berat, dan 36 lainnya luka ringan.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa? Di dalam bangunan Melansir Buku Saku Siaga Bencana BNPB, usahakan keselamatan diri Anda dengan cara berlindung di bawah meja untuk menghindari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca, apabila berada di dalam bangunan. Selain itu, lindungi kepala dengan bantal atau helm, atau berdiri di bawah pintu. Jika sudah terasa aman, segera lari keluar dari rumah.

Apabila sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untul mencegah terjadinya kebakaran.
Jika keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genting, atau material lain. Untuk menuju ke lapangan terbuka, masyarakat harus tetap melindungi kepala dan tidak berdiri di dekat tiang, pohon, sumber listrik, dan gedung yang berpotensi roboh.

Perlu diingat, jangan gunakan lift apabila merasakan guncangan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Apabila sudah berada di dalam elevator, tekan semua semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. Jika berada di dalam bangunan yang memiliki petugas keamanan, ikuti instruksi evakuasi.

Di dalam mobil Saat terjadi gempa bumi besar, Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil. Untuk itu, jauhi persimpangan serta pinggirkan mobil Anda di kiri bahu jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio dan gawai. Jika mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *