MTB New Entry Makin Ganteng

Sepeda new entry dengan harga yang tentunya juga terjangkau biasanya dibuat tanpa memikirkan kenyamanan yang lebih buat lo. Jadi, lo harus pintar-pintar memodifikasi biar tunggangan ini semakin nyaman.

Biasanya sepeda jenis ini punya bobot yang berat. Kalau mau nyaman ya sudah pasti lo harus kurangi bobotnya dulu. Lepas part yang nggak penting-penting amat dari sepeda.

Kalau ada standar samping di sepeda lo, lebih baik lepas aja. Lo juga bisa ganti part yang lebih ringan dengan upgrade, salah satunya crankset.

Untuk bisa kelihatan lebih ganteng, urusin juga bagian cockpit. Biasanya sepeda new entry cuma ngasih handlebar pendeng dan stem yang agak panjang. Ganti kedua part itu dengan handlebar ukuran lebih panjang dan stem yang pendek.

Dua part itu nggak perlu mahal, banyak brand terkenal yang punya harga murah. Lo juga bisa cari di beberapa marketplace kalau butuh part second.

Setelah itu, lo juga penting buat ganti handgrip. Cari handgrip yang lebih empuk dan cukup murah, asal jangan dari bahan plastik ya.

Part yang sebaiknya lo upgrade adalah brake. Biasanya sepeda new entry ngasih handle brake yang jadi satu dengan shifter. Kalau bisa, ganti sistem pengereman jadi hidrolik karena jauh lebih empuk.

Untuk upgrade handle brake dan shifter kali ini, lo cukup beli satu shifter aja, yaitu yang bagian belakang. FD-nya gimana? Nanti aja..

Nah, di sini kejawab kenapa lo nggak butuh shifter depan. Jadi ada baiknya lo ganti crank dengan single chainring. Keunggulannya sudah pasti jadi ngurangin bobot karena lo bakal melepas 1 shifter, FD dan 2 gear yang tadinya ada di crankset.

Mumpung masih di area yang dekat dengan kaki, ganti sekalian pedalnya. Pilih yang lebih lebar dan sudah dilengkapi dengan bearing biar lebih loncer.

Selanjutnya lo bisa ganti hub freehub. Sepeda new entry biasanya cuma ngasih hub tipe drat atau freewheel. Hub tipe ini kalah loncer dengan tipe cassette bersuara jangkrik.

Selebihnya, kalau memang ada budget lebih, lo bisa upgrade RD dan shock.

Semua ubahan tadi memang nggak ngejamin sepeda lo bakal sama rasanya dengan yang mahal. Tapi seenggaknya akan jauh lebih nyaman dan udah pasti lebih ganteng.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *