Motor Cafe Racer, Sejarah Singkat

Kalau lo sering memperhatikan dunia modifikasi motor, lo pasti udah gak asing dengan istilah cafe racer. Cafe racer bisa dibilang merupakan salah satu aliran gaya modifikasi paling banyak diminati oleh para enthusiast. Tapi sebenarnya, dari mana dan sejak kapan sih aliran cafe racer ini bermula?

Sebenarnya, nama sejarah cafe racer bisa dijelaskan dengan cukup mudah dengan langsung melihat pada namanya. Cafe racer bermula dari para pemuda Inggris yang gemar nongkrong di cafe dan menantang balap dari satu cafe ke cafe lainnya.

Semua bermula pada tahun 1950an di London, Inggris.

Tujuan utama mereka saat itu cukup simple. Selain balapan dari satu cafe ke cafe lainnya, mereka juga ingin menembus kecepatan 160 km/jam. Menembus kecepatan tersebut adalah sebuah kehormatan bagi mereka. Juga sebagai penanda motor yang mereka gunakan adalah tunggangan yang sangat hebat.

Hal tersebut karena motor-motor pada masanya seperti Triumph, BSA, AJS, Norton bisa dibilang merupakan motor yang mustahil menembus kecepatan tersebut. Kemampuan mengoprek mesin diandalkan dalam hobi satu ini.

Bentuk khas cafe racer hadir dari motor yang dibuat supaya para pemuda tersebut bisa menunduk ketika memacu kecepatan motornya. Tangki yang dibuat memanjang, footstep dibuat lebih ke belakang, dan juga menggunakan stang clip on adalah standar modifikasi cafe racer pada saat itu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *